Minggu, 30 Maret 2008

Rangkuman Command Line

Kemaren gw and temen-temen sekelas dikasih tugas tentang Linux Manual.
Untunglah gw dah punya (lihat postingan "Linux Manual").
Sebenarnya tuh command line sama sekali gak gw otak atik.
Dan dengan adanya tugas ini, akhirnya berguna juga tuh pdf.

Dan inilah tugas yang command yang gw kumpul dan dah gw cobain:

Christianty Gabrielle Marpaung
1 IT 2
Linux Command Line


1.shutdown -h now
shutdown komputer sekarang juga tanpa reboot

2.shutdown -r 5
shutdown komputer dalam 5 menit dan booting ulang

3.shutdown -r now
shutdown komputer sekarang juga dan reboot

4.startx
memulai sisten x/xorg

5.kill
menghentikan proses secara paksa

6.cd ..
kembail ke path sebelumnya

7.rpm -ihv "name".rpm
Menginstall rpm file

8.rmdir
menghapus direktori (perintah ini tidak bisa digunakan bila direktori berisi)

9.ls
menampilkan isi darai sebuah direktori/ sama seperti perintah "dir" di DOS

10.su
log in sebagai super user/administrator

11.exit
berhenti sebagai superuser/ keluar

12.rm
remove/menghapus file

13.rm -r
menghapus seluruh file yang berada dalam direktori

14.cd
berpindah ke sebuah direktori

15.mkdir
membuat sebuah direktori

16.clear
membersihkan layar

17.cat
menampilkan isi dari sebuah file di layar

18.log out
keluar dari sistem

19.log in
masuk ke sistem

20.adduser accountname
membuat user baru

21.passwd accountname
memberi password pada account

22.du
menampilkan penggunaan harddisk suatu direktori

23.top
untuk melihat proses yang sedang terjadi.

24.cfdisk
mempartisi harddisk

25.halt
mematikan sistem secara keseluruhan (hanya bisa dipakai jika anda sebagai superuser)

[yang point nomor 9 dan 10 sempat ada linknya. Dan ketahuan lah kalo 2 command tuwh cuma gw kopas (copy and paste) punya temen]

Maafkan gw!

Tidak ada komentar: